ASYIK PERAK LAGI

👨‍👩‍👦‍👦DISKUSI PERDANA PERAK 2016 👨‍👩‍👦‍👦

Assalamu ‘alaikum warrahmatulLahi wabarakatuh,

PERAK awalnya diselenggarakan di Bulan Ramadhan. Tujuannya untuk menghidupkan hari-hari di Bulan Ramadhan, mengisinya dengan aktivitas bermakna sekeluarga.
Dalam perjalanannya, kami menimbang akan lebih baik bila perhatian (awareness) akan (datangnya) Bulan Mulia ini ditumbuhkan sebelum kehadirannya sehingga keluarga dapat merencanakan aneka aktivitas bermakna untuk menghidupkan hari-harinya bersama sekeluarga. Maka kemudian PERAK diselenggarakan pada bulan Rajab, menyongsong Ramadhan.

1⃣Tugas utama kita – para orang tua – adalah menjaga diri dan anak-anak kita agar tidak terjerumus ke dalam neraka. Maka fokus kegiatan kita adalah pada keluarga kita sendiri, tidak perlu repot (apalagi usil) dengan apa yang dikerjakan keluarga lain (apalagi yang tidak ada/hadir di PERAK). Bilamana untuk menjalankan kegiatan kita itu melibatkan pihak lain, fokus tetap pada keluarga sendiri.

2⃣Maka dalam aktivitas kita ini tidak perlu berbicara ghibah apalagi fitnah, baik kepada pemerintah, organisasi, komunitas, keluarga maupun orang lain secara individu.

3⃣Dan kita juga perlu menjaga diri kita dari fitnah, maka segala atribut yang berkaitan dengan kelompok-kelompok yang ada seperti atribut partai, atribut perusahaan, ormas, komunitas dll tidak diizinkan untuk dipakai selama kegiatan. Cukup atribut PERAK saja atau yang netral. Kalau merk baju ndak apa-apa-lah, tidak perlu dilepas hehee

4⃣Segala khilafiyah pantang dibicarakan, apalagi mengkafirkan pihak lain. Sekali lagi, Kita fokus pada keluarga sendiri.

5⃣Kita juga tidak menyinggung urusan SARAT = Suku, Agama (lain), Ras dan Anggota Tubuh. Apa itu urusan Anggota Tubuh? Gendut, gembul, kerempeng, dan segala bahasa yang ‘sinetron banget’ itu tidak perlu diucapkan. Kita latih anak-anak kita untuk tidak menggunakannya pula.

6⃣Setiap tempat dan lingkungan memiliki adab dan budaya, mari kita latih anak-anak kita untuk santun dalam berperilaku, baik kepada orang, hewan, tumbuhan dan lingkungan sekitarnya.

7⃣Sangat disarankan untuk tidak membawa minuman dan makanan dalam kemasan sekali pakai dan buang. Bawalah botol minum yang bisa diisi kembali, tepak makanan yang bisa dipakai berulangkali. InsyaAllah ini lebih sehat dan juga baik untuk lingkungan. Datang bersih, pulang lebih bersih.

8⃣Anak-anak berusia dibawah 13 tahun (Bayi, Krucil dan BFF) tidak diizinkan memegang, membawa dan menggunakan gadget (telepon, tablet, pad) dan perkakas permainan elektronika semacam gamewatch, video game, dll selama kegiatan berlangsung. Jadi kalau Nina Boboknya ada di gadget silakan dipindahkan terlebih dahulu ke media yang lain. Yuk latihan mulai sekarang puasanya hehee

9⃣Jika ayah-bunda hendak membawakan mainan untuk putra-putri tercinta, bawalah mainan yang dapat dimainkan bersama dan tidak membahayakan dirinya atau teman-temannya seperti pedang, pistol, dll.
Lalu apa yang akan kita kerjakan?

🍀Kita akan ngobrol ngalor-ngidul, cakrukan berbagi pengalaman, bermain bersama dengan banyak keluarga. Tema obrolan kita kali ini Family Branding. (silakan buka-buka buku kembali, tidak juga tidak apa-apa, tidak perlu takut ini bukan kelas kuliah yang pakai ujian; meski nanti ada kuiz heheee)

🍀Dalam eksplorasi gagasan kami akan menggunakan gambar, tulisan, gerak, lagu, yel-yel, dongeng, dan segala hal yang diperlukan. Jika ayah-bunda punya permasalahan khilafiyah seputar aktivitas tersebut, saya sarankan untuk tidak ikut. Nanti malah tidak nyaman, untuk diri sendiri maupun yang lainnya.

🍀Dalam berkegiatan ada kalanya kita akan bersama sekeluarga, ada pula waktunya aktivitas dipisah menurut kelompok umur. Saat tidur juga akan dipisah menurut gender dan usia. Silakan peralatan pribadi diatur untuk memudahkan hal ini. Mohon yang ada kendala tidur terpisah memberikan informasi sebelumnya agar bisa diatur. Bapak-bapak tidak ada yang punya kesulitan ini, kan? Hehee
Karena lokasi tidur adalah tempat bersama (satu lokasi sekitar 20an orang), baik untuk menyiapkan tutup mata bagi yang biasa tidur gelap (bila kesepakatannya lampu dinyalakan) atau sebaliknya menyiapkan lampu pribadi (bila kesepakatannya lampu dimatikan saat tidur).

🍀Nah, silakan mulai ngariung bersama anak-anak, silakan menetapkan tujuan dan target yang hendak dicapai bersama. Buatlah daftar hal-hal yang ingin dilakukan, yang ingin dilihat, ditemui dan didapatkan.
Lalu didoakan semoga berkah dan diridhaiNya.

Salam PERAK,

/Dodik Mariyanto/⁠⁠

Tanya Jawab :

1⃣Assalamualaikum pak Dodik
Saya dan keluarga di perak ini, benar2 newbie. Adakah saran untuk kami para newbie agar kami bisa mengikuti acara dan belajar dengan baik. Apakah ada persiapan khusus?
Terimakasih. ( Ratna Palupi)

Wa’alaikumsalam ww
Persiapkan saja agar sekeluarga datang dengan gembira, siap beraktivitas bersama teman2 baru disana. Cukup

2⃣Assalamu’alaykum pak Dodik, kami juga baru mengikuti event Perak ini, apakah bapak/ para alumni perak 1 dan 2 berkenan untuk sharing materi sebelumnya? apakah tema tiap perak itu berkelanjutan?

Wa alaikum salam ww
Tema PERAK memang berkelanjutan, namun tidak harus serial. Jadi tidak mengapa ikut yang sekarang meski tidak ikut dua PERAK sebelumnya.Para alumni jika berkenan hendak berbagi di wa group ini dipersilakan ya. Nanti disana juga dapat ngobrol berbagi pengalaman dengan kawan2 alumni PERAK.

🎤 Alhamdulillah…ternyata hanya ada 2 pertanyaan yg masuk ke saya, berarti insya Allah sdh sangat jelas 😀😬, silakan dibuka diskusi bebas bersama p Dodik

Tapi setelah di buka sesi bebas, ternyataa hampir 80 chat lebih, rameeenya…..sayapun sebagai host akhirnya sampai menyetop teman-teman dengan peluit. Perak emang warrr biasa…..

⛔⛔⛔ STOP ⛔⛔⛔
Saya tutup dulu, terima kasih pak Dodik, terima kasih teman-teman, kita lanjut pekan depan dg materi yg lebih “bahagia” lagi….
Saya juga undur diri, mau nguleni roti lagi, biar besok saat perak langsung ready….
silakan lanjut diskusi sebebas-bebasnya….sebahagia-bahagianya….kita satu keluarga…..Perak warr biasa….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s