Fanpage FB

APA ITU FANPAGE?

Fanpage adalah sebuah halaman khusus layaknya blog yang menyediakan informasi yang beragam sesuai dengan keinginan pemiliknya, mulai dari perusahaan, pendidikan, layanan, produk fisik, artis, komunitas dan masih banyak lainnya.

MANFAAT PUNYA FANPAGE FB

  • Memisahkan Konten Bisnis dan Personal

Keuntungan pertama membuat fanpage FB untuk bisnis/komunitas yaitu Anda tidak perlu repot memisahkan konten bisnis dan personal. Jelas hal ini akan berbeda bila Anda menggunakan akun pribadi untuk berbisnis yang seringkali membuat informasi terlihat campur aduk. Adapun dengan membuat fanpage brand bisnis, Anda bebas memperbarui informasi seputar produk dan tidak perlu takut tercampur dengan konten kehidupan pribadi. Tentu hal ini juga akan memudahkan calon konsumen guna lebih mengenal brand yang Anda tawarkan.

  • Jumlah Fans Tidak Terbatas

Membuat fanpage FB dirasa lebih mudah karena pengguna yang lain cukup klik like page dan tidak perlu berteman dengan akun bisnis yang dibuat. Hebatnya lagi jumlah fans tidak dibatasi yang berati Anda boleh memiliki fans sebanyak-banyaknya. Sementara bila Anda membuat akun biasanya per akun hanya bisa berteman dengan 5000 orang saja. Namun, sebenarnya sah-sah saja membuat akun untuk bisnis bila Anda ingin usaha yang dijalankan lebih bersifat personal. Misalnya Anda bisa lebih dekat dengan buyer bila menggunakan akun facebook pribadi.

  • Dapat Ter-index Oleh Search Engine

Salah satu keuntungan lain yang tidak kalah menarik yaitu fanpage FB bisnis Anda bisa ter-index oleh mesin pencari seperti Google. Oleh karena itu, cara ini termasuk cara jitu untuk mengenalkan brand Anda lebih luas lagi. Sehingga para buyer pun akan lebih mudah mengakses informasi seputar brand yang Anda tawarkan.

  • Free Tag

Untungnya membuat fanpage FB bisnis selanjutnya para buyer dapat bebas menge-tag postingan yang Anda unggah di page. Dengan demikian, teman-teman pengguna FB lainnya bisa mengetahui informasi yang Anda unggah. Bisa dibilang hal ini menjadi akses beriklan secara gratis untuk para pebisnis. Selain itu, ada pula fitur check-in. Fitur tersebut memungkinkan para pengguna Facebook lainnya men-tag brand Anda yang sudah memiliki fanpage saat mereka akan check-in di suatu lokasi tertentu.

  • Tampil pada Newsfeed fans / Buyer

Setiap postingan yang Anda unggah di page akan ditampilkan pada newsfeed. Dalam hal ini fans/ buyer cukup klik like guna mendapatkan info terbaru tentang brand Anda setiap hari. Hal inilah yang kerap disebut newsfeed marketing yang tidak lain merupakan pemasaran brand produk dari pebisnis lewat newsfeed para buyer yang tidak lain adalah fans dari page Facebook yang sudah dibuat. Cukup menarik bukan.

  • Kesan Profesional

Pebisnis yang memiliki fanpage cenderung terlihat lebih profesional. Terlebih bila fanpage bisnis dikelola secara apik dan rutin memberikan informasi terbaru tentang produk yang dijual/aktivitas yang dijalankan.  Pastinya akan lebih menarik lagi, bila di dalam fanpage Facebook Anda senantiasa mengajak para Fans/ buyer untuk berinteraksi secara aktif. Misalnya dengan aktif membuka diskusi seputar kualitas produk yang sudah dipasarkan, bertanya tentang kritik dan saran, atau sebagainya. Sehingga para fans/ buyer pun akan merasa pendapat mereka penting dan diperlukan.

BAGAIMANA CARA MEMBUAT FANPAGE FB
Berikut Cara Membuat Fans Page Facebook
1. Langkah pertama silahkan Anda login terlebih dahulu di account facebook organisasi. Sudah? kemudian
2. Kemudian buka halaman ini: Facebook Page
3. Kemudian, Pilih/klik opsi Merek atau Produk. Kemudian Anda akan melihat beberapa topik untuk direktori fan page kamu nantinya. Anda boleh memilih salah satu direktori seperti gambar dibawah ini :

 

  1. Setelah itu Anda masukkan Nama Fan Page yang ingin Anda buat.Beri Tanda Check list (Centang) pada I Agree to Facebook Pages Term
  2. Nah, sekarang Fan Page sudah jadi.
  3. Selanjutnya anda akan masuk ke halaman Facebook Page yang telah dibuat. Lakukan kostumisasi terlebih dahulu sesuai petunjuk, misalnya mengupload foto/gambar untuk Facebook Page, mengedit informasi, dan lain sebagainya, atau langsung membuat Facebook Like Box yang nantinya dapat dipasang di blog/website. Selamat mencoba.

Bagi yang ingin jalan-jalan melihat fanpage , silakan klik link di bawah ini :
a. Fanpage Padepokan Margosari
https://www.facebook.com/Padepokan-Margosari-1715758175418076/

b.Fanpage School of Life lebah Putih
https://www.facebook.com/sollebahputih/?hc_ref=SEARCH&fref=nf

c.Fanpage Busana Eneska
https://www.facebook.com/busanaeneska/

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s