Catatan Perak 2017 #1: FAMILY PROJECT

Ciwidey, padepokanmargosari.com – Suhu di Ciwidey saat itu menunjukkan angka 19 derajat celcius. tetapi dinginnya udara tersebut terkalahkan oleh semangat para Perindu Ramadhan yang berdatangan satu persatu dari berbagai kota dengan wajah penuh suka cita, menghangatkan suasana Bandung Selatan.

Rajab memang masih beberapa hari lagi, tetapi para Perindu Ramadhan ini sudah ingin segera mempersiapkan diri menyambut bulan yang penuh kemuliaan dengan bersungguh-sungguh dalam mengikuti event Perindu Ramadhan Keluarga 2017 (PERAK 2017).

Perak 2017 kali ini membahas tema “Family Project” yang langsung dipandu oleh Bapak Dodik Mariyanto dari Padepokan Margosari. Family Project ini sebagai sarana belajar para peserta untuk memaknai bulan Ramadhan dengan sesuatu yang berbeda.

Sebanyak 150 peserta berkumpul dari berbagai kota, saling berbagi ilmu dan pengalaman. Ada sekitar 30%  keluarga yang selalu ikut sejak PERAK #1, sampai dengan PERAK #4, ada juga pendatang baru di dunia PERAK ini. Semua guru, semua murid, lama baru, tetap asyik.

Mengikat makna, itulah bahasa yang paling tepat untuk menerjemahkan aktivitas PERAK 2017 kali ini. Melakukan hal yang sederhana, alamiah, dilakukan sehari-hari, tetapi diberikan makna yang luar biasa. Mulai dari ngobrol-ngobrol, ngemil-ngemil, jalan-jalan, makan-makan, semua adalah hal biasa, tetapi di PERAK semua itu menjadi menyenangkan dan sarat makna.

“FAMILY PROJECT”

Saat datang para peserta  langsung menempel ” family project”  masing-masing yang sudah ramai di bahas sejak aktivitas Pra – Perak di  WhatsApp Group.

Image may contain: one or more people, outdoor and nature
Omah Project mengawali aktivitas dengan menempelkan berbagai project keluarga yang sudah dijalankan bersama keluarga selama ini. Diikuti project-project oleh keluarga yang lain.

Image may contain: 2 people

Griya Berkah membuat projectnya yang berjudul “AKU ANAK SHOLEH” berbagai project yang dijalankan dengan satu tujuan kalau ingin anak yang sholeh, kitapun harus sanggup menjadi orangtua yang sholeh.

No automatic alt text available.

Ini salah satu contoh Family Project yang dikerjakan oleh Rumah Semanggi, yang mengangkat Filio ( Fitrah Based Portofolio)

Image may contain: indoor
Family Creator menjadi nama family project dalam membuat karya-karya dari dalam rumah.

No automatic alt text available.

Doyan Dolan kali ini membuat project yang mereka namakan Skill Jariyah, Selama satu tahun ke depan aktvitas dolannya ( main) akan dimaknai dengan menebar skill sebagai bagian dari amal jariyah yang tak pernah putus.

No automatic alt text available.
Jelajah Langit Biru, tahun ini konsisten untuk membuktikan bahwa antara menjemput rejeki, mendidik anak dan berkarya itu adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan apalagi dikorbankan.

Dan masih banyak lagi projek-projek yang dibawa oleh masing-masing keluarga yang dibagikan di event PERAK 2017 kali ini.

APA ITU “FAMILY PROJECT”?

Family Project  adalah aktivitas  yang secara sadar dibicarakan bersama, dikerjakan bersama   oleh seluruh atau sebagian anggota keluarga dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara bersama pula.

Sehingga rumusnya adalah sebagai berikut

ACTIVITY + MANAGEMENT AND ORGANIZATION = PROJECT
 FAMILY PROJECT
MANFAAT FAMILY PROJECT

Family Project merupakan salah satu sarana pendidikan bagi seluruh anggota keluarga. Saat ini semakin sedikit keluarga yang menerapkan konsep pendidikan di dalam rumahnya, banyak diantara mereka menjadikan rumah sebagai sarana berkumpulnya anggota keluarga saja tanpa adanya aktivitas pendidikan. Sehingga makna berkumpulpun menjadi hambar, kadang berlalu begitu saja tanpa arti.

Family Project juga menjadi salah satu sarana untuk membangun “bonding” di dalam keluarga. Tercipta ikatan batin antar anggota keluarga, sehingga hubungan menjadi semakin indah dan harmonis.

Family Project bisa juga digunakan sebagai sarana “Check Temperature” keluarga kita. Apakah dalam kondisi suhu normal atau sedang memanas.

Family Project sarana menguatkan core values keluarga. Core Values tidak bisa hanya dituliskan besar-besar di kertas dan di tempel di dinding rumah. Core Values harus diujikan untuk mendapatkan sebuah keyakinan bahwa hal tersebut layak diperjuangkan. Ujian itu lewat family project.

Family Project apabila dijalankan denga sungguh-sungguh maka akan menjadi pijakan kita dan keluarga ke surga. Apabila keluarga kita memang sedang berjalan menuju surga, maka tidak perlu menunggu sampai di akherat untuk merasakannya, kita bisa merasakannya sekarang saat di dunia bersama keluarga kita.

family project fungsi

CIRI-CIRI FAMILY PROJECT

a. Fokus pada proses, bukan pada hasil
b. Sederhana
c. Menyenangkan
d. Mudah – Menantang

e. Ditentukan durasinya

 

KOMPONEN FAMILY PROJECT

a. Sasaran

SMART : Specific, Measurable, Achiveable, Reasonable, Timebound

Maksimum 3 sasaran.

b. Sarana
Alat dan Bahan yang diperlukan

Dana yang diperlukan ( apabila ada)

c. Sumber Daya Manusia
Penanggungjawab

Pelaksanan

d. Waktu
Jadwal Pelaksanaan

Durasi

e. Nama Projek

Berikan nama khusus terhadap projek yang dikerjakan keluarga.

 

BAGAIMANA CARA MEMBESARKAN FAMILY PROJECT ANDA?

Siperlukan 2 hal yang  penting untuk membesarkan Family Project yaitu KONSISTENSI dan KOMUNIKASI

 

KONSISTENSI
Konsistensi itu sangat bergantung pada hal-hal berikut ini:
a. Apakah family project ini membahagiakan seluruh anggota keluarga? ( Fun)
b. Apakah family project sejalan dengan values yang  diperjuangkan dalam keluarga? ( values)
c. Seberapa unik family project anda dibandingkan family project yang lain? ( uniqueness)

d. Apa alasan kuat dari seluruh anggota keluarga untuk menjalankan family project ini? ( Reason)

KOMUNIKASI

Komunikasi menjadi hal yang utama dalam memperbesar family project kita, karena akan sangat bermanfaat untuk memantau dan membesarkan perjalanan family project dan membangun portofolio keluarga dalam menjalankan family project. Di dalam komunikasi ini diperlukan dua hal yaitu MEDIA dan KONTEN

 

 

MEDIA KOMUNIKASI
 FAMILY FORUM
Family forum adalah forum-forum ngobrol keluarga yang dibangun untuk mengetahui hobi anak-anak, aktivitas harian mereka, tren pengetahuan dan berita yang ada saat ini, kebutuhan seluruh anggota keluarga dan masalah atau tantangan-tantangan apa saja yang dihadapi oleh seluruh anggota keluarga.

Family forum ini bentuknya bisa beragam mulai dari ngeteh bersama ( tea time), ngopi bersama ( coffee break), ngegame bersama ( play on), ngemil bersama ( snack time) dll.

 

family project ngobrol

KONTEN KOMUNIKASI

 

 
Lakukan APRESIASI bukan EVALUASI

Apabila sudah menjalankan projek keluarga yang memiliki durasi lebh dari 1 bulan, maka segera buat forum apresiasi keluarga diantara jeda projek tersebut, . Apabila projek hanya berdurasi 1-3 hari, maka lakukan pada akhir projek berjalan.

 

NO EVALUATION, JUST APRECIATION
Anak-anak belum memerlukan evaluasi, yang kita lakukan hanya memberikan apresiasi saja, karena hal ini penting untuk menjaga suasana selalu menyenangkan dan  membuat anak senantiasa bersemangat dalam mengerjakan projek selanjutnya.

Apabila ada hal-hal  yang kita rasa penting untuk diperbaiki atau diubah strateginya, maka cukup anda catat saja, simpan dengan baik bersama satu file catatan projek ini, dan buka kembali saat kita dan anak-anak akan merencanakan projek berikutnya. Hal ini akan lebih membuat perencanaan kita lebih efektif, karena anak-anak akan melakukan perubahan menjelang  melakukan projek, bukan diberitahu kesalahan setelah melakukan sebuah projek. Efek yang muncul akan sangat berbeda.

 

BAGAIMANA CARA MENGAPRESIASI

 

Perbanyaklah membuat forum keluarga saat sore ngeteh bersama, atau sepekan sekali saat akhir pekan. Di Padepokan Margosari, forum keluarga seperti ini terkenal dengan nama “MASTER MIND”. Bagaimana cara menjalankan master mind, ciptakan suasana yang santai di rumah, kemudian tanyakan 3 hal saja:
a. Ada yang punya pengalaman menarik selama menjalankan projek ini?
b. Apa yang sudah baik?

c. Minggu depan hal baik apa yang akan kita lakukan?

 

 

CONTOH FAMILY PROJECT
Nama Projek  : WARNAI DUNIA WARNAMU
Gagasan : Sudah 2 tahun cat tembok rumah tidak pernah berganti, kali ini anak-anak punya ide, dengan diskusi pertanyaan berikut, mengapa cat rumah itu kok satu warna? Bagaimana jika rumah itu warna-warni? Mengapa tidak kita cat tembok rumah kita warna warni?
Pelaksanaan : Tentukan durasi waktunya, misal  hari Minggu, 26 Maret 2017, tentukan penanggungjawabnya (PIC), kasih jabatan misal  “Jendral Cat Warna”. Berikan ruang sang jendral untuk mengambil keputusan terhadap segala tantangan yang muncul selama projek berjalan.
Nama Projek :  SUNDAY LIBRARY
Gagasan : Anak-anak sangat senang membaca, banyak buku yang sudah terbaca, tidak dibaca lagi. Anak-anak ingin berbagi manfaat . Mengapa perpustakaan itu harus bentuk bangunan? Bagaimana jika perpustakaan itu bergerak dari satu tempat ke tempat lain? Mengapa tidak kita membuat perpustakaan keliling setiap minggu di event Car Free Day?

Pelaksanaan : Tentukan waktunya, setiap hari minggu, tentukan PIC mingguannya, kasih jabatan misal “Library man”, berikan ruang sang library man dan tim untuk menghadapi tantangan  yang muncul selama projek berjalan

 

AMATI, TERLIBAT, TULIS

 

AMATI

Tentukan aspek-aspek perkembangan anak yang ingin kita amati melalui family project, Misal saat ini kita ingin menguatkan komunikasi produktif , kemandirian dan faktor kecerdasan anak-anak, maka tentukan hal-hal sbb:

Aspek Komunikasi Produktif
Bagaimanakah pola komunikasi anak-anak kita selama menjalankan sebuah projek?
Aspek Kemandirian
Apakah sudah makin terlihat tingkat kemandirian anak-anak dalam mengerjakan projek?
Aspek Kecerdasan
Bagaimana cara anak meningkatkan rasa ingin tahunya? ( IQ), bagaimana cara anak mengelola emosi selama projek berjalan ?(Emotional Intellegence/EI), Bagaimana cara anak meningkatkan kebermanfaatan dirinya dengan projek tersebut? ( Spiritual Intellegence. SI), Bagaimana cara anak mengubah masalah menjadi peluang ( Adversity Intellegence,AI)
TERLIBAT
Dalam setiap projek yang dibuat libatkan diri kita, para orangtua, untuk menjadi bagian anggota tim, asyik menjalankan bersama sebagai pembelajaran. Belajarlah menjadi follower yang taat pada keputusan leader. Saat menyelenggarakan master mind, bergantilah peran menjadi fasilitator yang baik.

TULIS
Tulis pengalaman kita setiap hari baik cerita gagal maupu cerita sukses dalam menjalankan projek demi projek., baik cerita bahagia maupun cerita mengharubiru. Alirkan rasa anda setiap hari. Alih-alih sebagai kenangan yang sangat indah apabila kita buka kembali beberapa tahun ke depan, konsistensi kita dalam menuliskan setiap family project yang kita lakukan ini juga akan membuahkan portofolio keluarga yang bisa bermanfaat bagi keluarga kita sendiri maupun keluarga yang lain. Selamat memasuki Ramadhan dengan Family Project yang penuh berkah.

Ditulis oleh Septi Peni Wulandani
Disarikan dari materi session my family my team yang dibawakan oleh bapak Dodik Mariyanto di PERAK 2017
Sumber foto : https://www.facebook.com/lukman.n.ulan/posts/10208508588180463?pnref=story

Advertisements

3 thoughts on “Catatan Perak 2017 #1: FAMILY PROJECT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s