Catatan Perak 2017 #2 : GAMIFICATION for FAMILY

Ciwidey, padepokanmargosari.com- Memasuki hari kedua, para Perindu Ramadhan Keluarga tampak asyik menikmati berbagai sajian acara yang dihidangkan di event PERAK 2017 kali ini. Tidak ada paksaan untuk mengikuti semua sajian acara yang ada, mereka boleh mencomoti apa saja yang dirasa penting banget dalam proses pendidikan keluarga selama acara PERAK 2017 ini berlangsung. Yang datang ke Perak karena ingin berlibur, silakan menikmati indahnya alam Ciwidey ini. Yang ingin istirahat, diijinkan untuk tidur terus di cottage-cottage yang telah disiapkan oleh panitia. Yang ingin main, silakan bermain sepuasnya di berbagai arena yang ada di Rancabali resort tea. Yang ingin belajar, silakan datang di forum-forum ilmu yang disiapkan oleh panitia. Event kali ini benar-benar bebas merdeka.

Image may contain: 3 people, text

Justru ketika dibebaskan memilih para peserta memadati aula belajar, untuk bisa gabung diskusi siang itu tentang “Gamification for Family” bersama mas Eko Nugroho dari Kummara dan Mbak Irawati dari Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat (Dikyanmas) Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK).

WhatsApp Image 2017-04-13 at 10.20.19 PM

Apa itu Gamifikasi ( gamification) ?

Gamifikasi adalah penggunaan dari teknik desain permainan, permainan berpikir dan permainan mekanik untuk meningkatkan non-game konteks. Biasanya gamifikasi berlaku untuk non-game aplikasi dan proses mendorong orang untuk mengadopsi sistem permainan dalam lingkungan non permainan untuk memotivasi orang dan mengubah perilaku.

“Applying game design ( game mechanic) to non game environtment to motivate people and change behaviour, a process that applies the thinking and tools of game”

Apa itu Gamification for Family?

Gamification for family adalah sebuah proses untuk memahami bermain dan permainan untuk meningkatkan kelekatan antar anggota keluarga ( family bonding)

gamification perak 1

Kalau kita mengamati mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa akan sangat serius ketika mereka bermain, totalitas tidak ada yang setengah-setengah, karena sejatinya setiap manusia itu adalah makhluk yang senang dengan bermain.

gamification perak 3

Men do not quit playing because they grow old; they grow old because they quit playing – Oliver Wendell Holmes, Jr

Maka ketika tema Perak 2017 kali ini adalah “Family Project” sangat tepat apabila menjadikan “game” sebagai salah satu family forum yang paling menarik untuk segala usia.

gamification perak 2

Sehari sebelumnya pak Dodik Mariyanto menyampaikan bahwa ada beberapa hal yang akan sangat berpengaruh terhadap besarnya sebuah project keluarga, dua diantaranya adalah KONSISTENSI dan KOMUNIKASI.

Pada hari kedua ini, mas Eko Nugroho melanjutkannya dengan  menerjemahkan statement yang disampaikan pak Dodik  yaitu “bagaimana cara yang mudah dan menyenangkan” untuk bisa memperbesar family project kita?

gamification perak 4

Ketika kita melatih KONSISTENSI menjalankan family project ini  dengan gamifikasi maka sesuatu yang tadinya serasa sangat susah dijalani, menjadi semakin mendapatkan titik terang. Semua orang paham bahwa melatih konsistensi itu tidak mudah, tapi kita bisa membuatnya menyenangkan dengan  pola gamifikasi. Anak-anak menjalankan konsistensi ini serasa sedang bermain.

Saat bermain bersama anggota keluarga adalah saat-saat dimana komunikasi keluarga menjadi sangat cair. Hal ini akan menambah kekuatan bonding antar anggota keluarga. Di saat bermain akan keluar watak-watak asli para pemainnya yang tidak bisa ditutupi, sehingga kita lebih bisa memahami karakter anggota keluarga kita.

Kunci gamifikasi dalam keluarga ada tiga diantaranya : BELIEVE, UNDERSTAND dan EMBRACE. Dalam bermain kita mengenal 3 R : ROLE, RULES, RESULT

Ketika menggabungkan keduanya dalam membangun family project maka family project akan berfungsi sebagai proses pembelajaran kita di dalam membangun “learning organization” di dalam keluarga. Selama ini jumlah keluarga yang menerapkan “learning organization” di dalamnya sudah semakin sedikit, gamifikasi akan menjadi sarana kita belajar untuk membangun “The Learning Organization” di dalam keluarga.

Dalam paparan yang disampaikan mas Eko Nugroho di acara PERAK 2017 kemarin, dikatakan bahwa menurut David A.Garvin dalam bukunya “Building a Learning Organization” dikatakan bahwa membangun “Learning Organization” itu memerlukan beberapa aktivitas mendasar sbb:
a. Memecahkan masalah secara sistematik (Systematic Problem Solving)
b. Melakukan berbagai macam percobaan (Experimentation)
c. Belajar dari Pengalaman Masa lalu (Learning from past experience)
d. Belajar dari orang lain (Learning from others)
e. Mentransfer ilmu pengetahuan (Transfer of Knowledge)

Keempat aktivitas tersebut bisa kita dapatkan di dalam proses gamifikasi

WhatsApp Image 2017-04-14 at 12.50.13 AM

Bagaimana makin paham tentang pentingnya Gamifikasi di dalam keluarga kita. Sekarang ayo kita letakkan gadget sejenak, bermainlah bersama anak-anak. Bikin game kita sendiri ya. Bagaimana caranya, kita ikuti panduan sbb:

a.Mulailah dari permainan yang pernah anda kenal
b.Berikan beberapa variasi
c.Bermainlah bersama anak-anak
d.Tambahkan beberapa cerita dan seni di dalamnya
e.Komunikasikan pengalaman anda bermain bersama keluarga baik secara internal di dalam family forum kita, maupun secara eksternal di berbagai sosial media.

gamification perak 5

Selamat bermain, dan tunggu ulasan kami berikutnya tentang boardgame…

 

Ditulis oleh Septi Peni Wulandani
Disarikan dari materi “gamification for family”yang disampaikan oleh Eko Nugroho, Kummara di acara PERAK 2017, 27 Maret 2016 di Ciwidey, bandung Jawa Barat
Sumber gambar dan foto: Dokumentasi Pribadi dari Dodik Mariyanto, http://www.kummara.com , Beberapa foto slide presentasi Eko Nugroho selaku narasumber.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s